Jumat, 05 Desember 2014

Yuuuk, nulis puisi

Apa yang terlintas dalam benak kalian ketika mendengar kata PUISI?

Kalimat yang indah kah? Ihh bahasanya 4LAY, atau palingan juga curhatan galau, puisi ah susah diungkapin bahasanya ribet! Yaa kalian pasti pernah berpikir seperti itu. Sah-sah saja kok.
Bagiku puisi adalah permulaan, di mana ekspresi seseorang yang ingin mengungkapkan isi hatinya dengan bahasa yang indah melalui pengalaman, penghayatan dan penuh dengan ketulusan hati.

Menjadi penulis puisi ternyata gampang-gampang susah loooh, kata siapa? Kata Aku barusan hohohoho. Yaa, gampangnya itu kita bisa ngeluapin apa yang kita pikirkan saat itu juga menjadi bait-bait puisi. Tapi, susahnya itu merangkai kata-kata yang pas agar enak dibaca nantinya, apalagi kalo diperlihatkan ke orang lain, huuuh susah banget -_- kan dari puisi tersebut kita mesti ngajak pembaca untuk mengikuti alur yang kita mau, agar pesan yang mau kita maksud tersampaikan dengan baik bagi pembaca, kita juga mesti pinter-pinter nyusun bahasanya. Terkadang bahasa verbal itu hal yang sangat lumrah digunakan dalam puisi, makanya mesti menggunakan bahasa yang multitafsir agar lebih menarik dikit gitu puisinya hehehe.

            Ternyata menulis puisi itu hal yang sangat menyenangkan loh, coba deh kalian tulis kejadian apa yang kalian alami pada hari ini, terus kalian buat narasi, naah selesai kalian buat narasi coba deh kalian kembangkan menjadi bait-bait puisi dengan bahasa yang indah, ituloh kalau kata anak Bahasa dan Sastra Indonesia disebutnya bahasa konotasi.

Menyenangkan bukan menulis puisi?
Puisi adalah salah satu bentuk kesustraan. Puisi berasal dari kata “Poesis” dalam Bahasa Yunani yang berarti membuat atau menciptakan. Puisi tersusun oleh satuan yang disebut baris dan bait. Puisi terdiri atas 2 unsur yang menjadi ciri umum puisi, yaitu unsur yang berkaitan dengan bentuk puisi dan unsur yang berkaitan dengan makna puisi. Unsur yang berkaitan dengan bentuk puisi adalah bunyi (irama dan rima), pilihan kata, dan tampilan tulisan. Unsur yang berkaitan dengan makna puisi adalah tema, pesan tersurat, dan pesan tersirat.

Mau belajar bikin puisi, gampang. Kan sekarang udah banyak sumber yang bisa kalian akses, mulai dari koran, majalah bahkan buku kumpulan puisi, dan kalian juga bisa loh menemukan pembahasan puisi di dunia internet. Wah pokoknya luas deh informasi sekarang ini, bahkan sangat dipermudah untuk kita mengaksesnya. Asalkan kita bisa mempergunakannya dengan bijak. Yuk manfaatkan media sebaik mungkin !

Balik ke pembahasan awal, yaitu tentang puisi. Awalnya Aku suka puisi karena dulu ketika kelas 6 SD disuruh mewakili lomba pembacaan puisi yang diadakan salah satu tempat di kawasan Tangerang Kota. Ketika itu ada beberapa anak yang mewakili dari pengajianku, dan salah satunya adalah Aku. Materi puisinya diberikan oleh guru pembimbing pada saat itu. Tak disangka Aku menjadi salah satu pemenangnya, yaah walaupun cuma juara tiga. Tapi Allhamdulillah luar biasa, dan dari situlah Aku mulai menyenangi puisi dan mulai sedikit menulis puisi meskipun dari curhatan sendiri sih hehehe. Pokoknya terima kasih yang teramat mendalam untuk guru ngajiku, berkat beliau Aku punya ilmu dan yang pasti dari hasil itu Kami dapat voucher untuk dibelanjakan dan Kami pun membeli makanan dari hasil uang itu, kemudian Aku pulang bawa piala dipajang di rumah deh. Horeee :D

Yuuk nulis puisi, ungkapkan apa yang ingin kalian ungkapkan, jangan ditahan-tahan nanti jadinya mempet loooh hohohoho.
Sekian, semoga bisa menambah kecintaan kalian untuk menulis puisi !!!



                                    23:10                           Ketika Mata Meredup, 04 Desember 201

Tidak ada komentar:

Posting Komentar